header pta Baru

Ketua dan Hakim PA Kasongan ikuti Seminar Nasional Ekonomi Syariah

Written by Edi on . Posted in Kasongan

Written by Edi on . Hits: 517Posted in Kasongan

Ketua dan Hakim PA Kasongan ikuti Seminar Nasional Ekonomi Syariah

144

(Rabu, 26 Agutus 2020/ 7 Muharram 1442 H) Pada hari Rabu tanggal 26 Agustus 2020 Ketua dan seluruh Hakim Pengadilan Agama Kasongan mengikuti kegiatan Seminar Nasional Ekonomi Syariah secara virtual yang dimulai pukul 09.00 WIB-13.00 WIB. Hal ini dilaksanakan berdasarkan Surat Direktor Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2971/DJA/HM.00/8/2020 tanggal 14 Agustus 2020. Tema Seminar Ekonomi Syariah kali ini adalah "Penguatan dan Penegakan Hukum Ekonomi Syariah yang Berkeadilan di Indonesia".

Kegiatan Seminar Nasional Ekonomi Syariah ini diprakarsai oleh Jendela Peradilan Agama Mahkamah Agung RI sebagai Ketua Panitia. Acara dimulai dengan Pembukaan oleh MC, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hemny Mahkamah Agung. Laporan Ketua Panitia oleh Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, SH., MH., dilanjutkan dengan Pendatanganan MuO antara Mahkamah Agung dengan DSN MUI yang disaksikan oleh Wakil President Republik Indonesia disaksikan oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan opening speech dan pembukaan seminar nasional Ekonomi Syariah oleh Wakil President Republik Indonesia Bapak Prof. Dr. KH. Ma"ruf Amin dengan materi Peran Strategis Ekonomi Syariah di indonesia dalam Sistem Ekonomi Nasional. Dan Doa oleh Bapak Drs. H. Endang Ali Maksum.

Pemberian materi dimulai pukul 09.43 WIB-10.03 WIB yang disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung Bapak Drs. H. M. Syarifuddin, SH., MH. dengan materi Peran Mahkamah Agung dalam Mendukung Kemudahan Berusaha di Bidang ekonomi Syariah di indonesia (Perma No 1 Tahun 2019). Acara dilanjutkan dengan Pemaparan makalah dan diskusi.

Pemaparan makalah I disampaikan oleh Bapak Prof Dr. H. M. Hatta Ali, SH., MH., dengan materi Prosfektif pembaharuan Hukum Acara Peradilan Agama di bidang Kepailitan Syariah. Pemakalah II disampaikan oleh Bapak Dr. Drs. H. Amran Suadi, SH., Mh., MM., dengan materi Problematikan Eksekusi Putusan Ekonomi Syaria. Pemaparan makalah ke III pleh Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, SH., MH., dengan materi Kepailitan Syariah dan Pengembangan Kapasitas Hakim Peradilan Agama dalam Sengketa Ekonomi Syariah. Pemaparan Makalah ke IV oleh Bapak Prof. Dr. Jaih Mubarak,  SE., MH. M. Ag., dengan materi Dinamika Fatwa DSN sebagai sumber hukum Regulasi di bidang Ekonomi Syariah dan Penyelesaian sengketanya. Dan Pemaparan Makalah ke V oleh Bapak Dr. H. Setiawan Budi Utomo. Lc. MM., denga materi Grand Design Regulasi Ekonomi Syariah di Indonesia. Setelah pemberian materi dan diskusi sertanya tanya jawab akhirnya acara Seminar Nasional Ekonomi Syariah berakhir pukul 13.00 dan ditutup oleh Bapak Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. (Rahma)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media