header pta Baru

Empat Golongan Yang Dirindukan Surga-Nya, Kultum Ramadan Di Pengadilan Agama Buntok, 13 April 2022

Written by PA Buntok on . Posted in Buntok

Written by PA Buntok on . Hits: 1179Posted in Buntok

Empat Golongan Yang Dirindukan Surga-Nya, Kultum Ramadan Di Pengadilan Agama Buntok, 13 April 2022

Buntok | 13 April 2022. Selepas melaksanakan salat zuhur berjamaah di Musala At Ta’awun yang berlokasi di lingkungan Kantor Pengadilan Agama Buntok, segenap pegawai Pengadilan Agama Buntok berkumpul untuk mendengar kultum rutin bulan Ramadan. Pemateri pada acara kultum kali ini yaitu Abdulloh Mubarok Al Ahmady, S.H.I., M.E. (Hakim) sedangkan sebagai moderator adalah Abu Mansur, S.H. (Panitera). Pada kesempatan kali ini, Abdulloh Mubarok Al Ahmady, S.H.I., M.E menyampaikan kultum mengenai 4 (empat) golongan yang dirindukan oleh surga. Sesungguhnya surga itu merindukan kepada 4 golongan: orang yang membaca Al Quran, orang yang menjaga lidah, orang yang memberi makan orang yang sedang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa pada bulan Ramadan.

Golongan pertama yang dirindukan surga adalah orang yang (gemar) membaca Alquran. Kelompok ini selalu mengisi hidupnya dengan firman Allah, sehingga dalam kehidupannya pun kental dengan pedoman Alquran yang otomatis menghindarkan ia dari segala hal buruk. Apalagi di bulan Ramadan ini membaca Alquran akan berlipat pahalanya sebagaimana akan dihitung berlipat kebaikan per hurufnya.

Golongan kedua adalah orang-orang yang menjaga lisan. Seperti yang kita tahu, lisan adalah salag satu anggota tubuh yang merupakan nikmat tetapi juga dapat menjadi bumerang jika kita tidak dapat menjaganya. Kita diharuskan betul-betul menjaga lisan, supaya tidak kita gunakan untuk melakukan hal yang tak baik. Jika kita menggunakan lisan untuk ghibah hingga menyampaikan fitnah, artinya kita makin banyak menghabiskan waktu untuk menggunakannya melakukan hal tak baik. Itu berarti juga kita akan makin jauh dari surga.

Golongan ketiga adalah orang yang memberi makan orang yang kelaparan. Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia.. Karenanya, kita perlu sadar bahwa kesempatan membantu sesama juga dapat dilakukan dengan memberi makan pada golongan tersebut. Dengan melakukannya, kita telah punya andil untuk menyelamatkan keberlangsungan hidupnya.

Golongan terakhir adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadan. Puasa di bulan Ramadan merupakan rukun Islam yang berarti wajib dilaksanakan oleh seluruh Muslim. Ternyata ibadah tersebut tak sekadar kewajiban, tetapi juga dapat mengantarkan kita tuk masuk dalam golongan yang dirindukan surga.

Karenanya, marilah kita berusaha mengamalkan hal-hal tersebut agar dapat menjadi golongan orang yang dirindukan oleh surga-Nya.

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media