SHARING SANTAI MAHASISWA PRAKTEK KEMAHIRAN HUKUM I TENTANG HUKUM ACARA PENGADILAN AGAMA BERSAMA HAKIM PA SAMPIT

Written by Mursidi, S.H. on . Posted in Sampit

Written by Mursidi, S.H. on . Hits: 1394Posted in Sampit

SHARING SANTAI  MAHASISWA PRAKTEK KEMAHIRAN HUKUM I  TENTANG HUKUM ACARA PENGADILAN AGAMA BERSAMA HAKIM  PA SAMPIT

Kamis, 23 Januari 2020 Jam : 08:01 WIB hari ke 4 Mahasiswa Prodi Hukum Kelarga Islam Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya dalam menjalankan Praktik Kemahiran Hukum I (PKH 1) Bertempat Dikantor Pengadilan Sampit, Jl.Jendral Sudirman KM 3,5, Mantawa Baru Hulu, Mentawa Baru/Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.  Salah satu Hakim di Pengadilan Agama Sampit Bapak Suwarlan, S.H. memberikan materi Tentang Hukum Acara Peradilan Agama kepada Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya.

    Penyampaian ini bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa dalam praktikum peradilan. Pebawaan yang  santai dan melakukan dialog dengan tanya jawab yang membuat suasana lebih akrab. dan memberi pengetahuan secara simpel kepada para mahasiswa Praktik tersebut. Selain itu, Pemberian meteri ini juga bertujuan agar Mahasiswa lebih mudah Memahami Bagaimana Beracara di Peradilan Agama itu sendiri.  

    Selain menyampaikan materi terkait Hukum Acara Pengadilan Agama, beliau juga memberikan beberapa motivasi untuk memompa semangat para mahasiswa dalam mencapai cita-cita dan mengembangkan SDM khususnya untuk putra-putra daerah. 

    Setelah penyampaian materi, hari ini para mahasiswa juga mengikuti proses berjalannya sidang pemeriksaan saksi Perkara Permohonan Dispensasi Nikah, yang mana sidang juga dipimpin oleh Bapak Suwarlan S.H selaku Hakim Tunggal pada perkara tersebut. Pada PKH I ini, mahasiswa dituntut tidak hanya memahami materi tetapi juga bagaimana mengamati proses berlangsungnya sidang secara langsung. Hal ini bertujuan agar mahasiswa tidak hanya mengetahui teori semata, namun juga praktiknya dilapangan.