header pta Baru

“Hati-Hati dengan Air Kencingmu”, Kuliah Tujuh Menit dari Bapak Wakil Ketua

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Hits: 221Posted in Pulang Pisau

“Hati-Hati dengan Air Kencingmu”, Kuliah Tujuh Menit dari Bapak Wakil Ketua

hatihatiairkencing

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id

Selasa, tanggal 27 Desember 2022 pukul 15.15 WIB bertempat di Mushala Pengadilan Agama Pulang Pisau, Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau, Bapak M. Busyra, S.H.I kembali memberikan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) usai pelaksanaan Salat Ashar berjamaah dengan dihadiri para pegawai Pengadilan Agama Pulang Pisau. Pada kegiatan Kultum kali ini, Bapak Wakil Ketua  membacakan sebuah Hadist:

أَخْبَرَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ عَنْ وَكِيعٍ عَنْ الْأَعْمَشِ قَالَ سَمِعْتُ مُجَاهِدًا يُحَدِّثُ عَنْ طَاوُسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ مَرَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى قَبْرَيْنِ فَقَالَ إِنَّهُمَا يُعَذَّبَانِ وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ أَمَّا هَذَا فَكَانَ لَا يَسْتَنْزِهُ مِنْ بَوْلِهِ وَأَمَّا هَذَا فَإِنَّهُ كَانَ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ ثُمَّ دَعَا بِعَسِيبٍ رَطْبٍ فَشَقَّهُ بِاثْنَيْنِ فَغَرَسَ عَلَى هَذَا وَاحِدًا وَعَلَى هَذَا وَاحِدًا ثُمَّ قَالَ لَعَلَّهُ يُخَفَّفُ عَنْهُمَا مَا لَمْ يَيْبَسَا خَالَفَهُ مَنْصُورٌ رَوَاهُ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَلَمْ يَذْكُرْ طَاوُسًا

Telah mengabarkan kepada kami Hannad bin As-Sariy dari Waki dari Al A'masy berkata,"Saya mendengar Mujahid berkata dari Thawus dari Ibnu Abbas dia berkata, Rasulullah saw pernah melewati dua kuburan, lalu beliau bersabda, "Kedua penghuni kubur ini disiksa dan keduanya disiksa bukan karena dosa besar. Yang satu ini, dulu tidak membersihkan air kencingnya, sedangkan yang ini disiksa karena selalu mengadu domba."

hatihatiairkencing1

Bapak M. Busyra, S.H.I menjelaskan bahwa “Hadist tersebut adalah saat Rasulullah melewati kuburan, Rasulullah mendengar jenazah yang berada dalam kubur tersebut sedang mendapatkan siksa kubur. Saat itu Rasulullah menjelaskan bahwa sebab disiksanya orang yang berada dalam kubur tersebut bukan karena dosa besar melainkan karena tidak bersuci setelah buang air. Islam sangat memperhatikan kebersihan dan kesehatan setiap bagian tubuh. Termasuk ketika telah buang air besar ataupun buang air kecil, seorang Muslim harus beristinja. Sehingga kita harus berhati-hati terlebih lagi dengan air kencing kita. Kita harus memastikan bahwa kita telah benar-benar bersih dari hadas kecil tersebut agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan terbebas dari siksa kubur karenanya”.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), Yewtree/Timred” 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media