header pta Baru

Keutamaan Bismillaahirrahmaanirrahim, Materi yang Disampaikan Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau dalam Kajian Rutin Ba’da Shalat Asar Berjamaah

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Hits: 280Posted in Pulang Pisau

Keutamaan Bismillaahirrahmaanirrahim, Materi yang Disampaikan Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau dalam Kajian Rutin Ba’da Shalat Asar Berjamaah

kultumbismillah

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id.

Selasa, 13 Desember 2022 bertempat di ruang Mushala, Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Nida Farhanah, S.Sy., M.H. mengisi materi pada kajian kitab yang rutin dilaksanakan setiap hari Selasa ba’da shalat asar berjamaah. Dengan dihadiri oleh pimpinan dan para pegawai Pengadilan Agama Pulang Pisau, pada kajian kali ini beliau menyampaikan 2 (dua) buah hadits mengenai keutamaan bismillaahirrahmaanirrahim.

2 (dua) hadits yang beliau sampaikan yaitu:

قال صلى الله عليه وسلم: مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ ذَابَ الشَّيْطَانُ كَما يَذُوْبُ الرَّصَاصُ عَلَى النَّارِ

Artinya:

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah seorang hamba mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, terkecuali melelehlah syetan seperti melelehnya timah di atas api”.

وقال صلى الله عليه وسلم: مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ أمَرَ الله تَعَالى الكِرَامَ الكَاتِبْينَ أن يَكْتُبُوا في دِيوَانِهِ أرْبَعْمَائَةِ حَسَنَةٍ

Artinya:

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah seorang hamba mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, terkecuali Allah SWT memerintahkan malaikat yang mulia agar menuliskan dalam timbangannya (catatan amalnya) 400 kebaikan”.

kultumbismillah1

Selain menyampaikan 2 (dua) buah hadits, beliau juga menyampaikan salah satu kisah yang termaktub dalam kitab An-Nawadir karya Syihabuddin Qalyubi. Diceritakan ada seorang perempuan yang memiliki suami munafik. Setiap mau melakukan sesuatu, perempuan itu selalu membaca basmalah. Suatu hari sang suami berkata kepada perempuan tersebut, “Saya akan melakukan sesuatu yang membuatmu malu.” Ia kemudian memberi bingkisan barang dan meminta sang istri untuk menyimpannya. Ketika perempuan itu pergi, diam-diam sang suami mengambil bingkisan yang telah ia berikan lalu ia buang ke dalam sumur di rumahnya. Tidak lama kemudian laki-laki itu meminta bingkisan itu kepada istrinya. Tentu ia sengaja melakukan itu untuk mencari-cari kesalahan sang istri. Perempuan itu lalu pergi mengambil bingkisan sesuai dengan tempat dulu ia menyimpan.

Ketika hendak mengambil bingkisan tersebut perempuan itu mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim. Seketika Allah memerintahkan Jibril untuk segera turun dan mengembalikan bingkisan yang telah dibuang ke sumur ke tempat semula. Perempuan itu pun dapat mengambil bingkisan tersebut dan ia berikan kepada sang suami. Melihat kejadian itu, sang suami terheran-heran. Ia telah mengambil dan membuangnya ke dalam sumur, namun ternyata istrinya bisa menunjukkan bingkisan itu. Inilah berkah dan manfaat dari membaca bismillah  yang dilakukan dengan ikhlas lillahita’ala. Dari kejadian tersebut,  maka bertaubatlah laki-laki tersebut kepada Allah SWT dan menyadari betapa besar manfaat membaca bismillah dalam setiap langkah manusia.

“Di antara hikmah yang dapat dipetik dari kisah ini adalah bahwa pembiasaan membaca lafadz bismillahirrahmanirrahim setiap memulai aktifitas yang baik dengan ikhlas lillahi ta’ala merupakan hal yang mudah dilakukan dan akan mendatangkan berkah yang besar. Di antaranya adanya perlindungan Allah SWT yang dapat menghindarkan dari kemungkinan adanya bahaya yang datangnya dari manapun, termasuk dari orang terdekat sekalipun. Di samping bernilai pahala, membaca basmalah juga sebagai bacaan dzikir maupun bacaan Al Qur’an,” pungkas beliau.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NF/Timred” 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media