header pta Baru

Penutupan Praktik Kemahiran Hukum (PKH) I Tahun 2023 Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya pada PA Kuala Pembuang

Written by PA Kuala Pembuang on . Posted in Kuala Pembuang

Written by PA Kuala Pembuang on . Hits: 433Posted in Kuala Pembuang

Penutupan Praktik Kemahiran Hukum (PKH) I Tahun 2023
Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya pada PA Kuala Pembuang

pkh 1

Foto: Ketua PA Kuala Pembuang saat menerima cindera mata dari Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id
Seruyan - Jum’at, 03 Maret 2023.  Bertempat di Ruang Sidang PA Kuala Pembuang dilaksanakan penutupan Kegiatan Praktik Kemahiran Hukum (PKH) I Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya Tahun 2023. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PA Kuala Pembuang, Achmad Faroby, S.H.I., M.H.I. didampingi Wakil Ketua PA Kuala Pembuang, Yusuf Bahrudin, S.H.I., dan Mentor/Pembimbing yang terdiri dari Eko Apriandi, S.H. (Hakim) dan Rahsiannor Syam’ani, S.H.I. (Panitera), Sabarudin Ahmad, S.Sy., M.H. selaku Dosen Pembimbing PKH I dari  Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya serta para mahasiswa PKH I.

Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya yang melaksanakan Kegiatan Praktik Kemahiran Hukum (PKH) I Tahun 2023 di PA Kuala Pembuang berjumlah 10 (sepuluh) orang dan telah melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan PKH selama 8 (delapan) minggu mulai tanggal 09 Januari 2023 sampai dengan tanggal 03 Maret 2023 dengan dibimbing oleh Eko Apriandi, S.H. (Hakim) dan Rahsiannor Syam’ani, S.H.I. (Panitera) sebagai mentor.

Dalam laporannya, Eko Apriandi mewakili mentor/pembimbing mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang telah diberikan oleh Pimpinan untuk membersamai mahasiswa PKH I selama 2 (dua) bulan dalam belajar praktik beracara dan berdiskusi tentang segala hal terkait tupoksi serta kompetensi Peradilan Agama. Beliau juga menyampaikan pada tahun ini kurikulum yang diterapkan adalah kombinasi antara observasi dan klasikal.

Mahasiswa diberikan tugas untuk melakukan observasi persidangan dan juga observasi tupoksi supporting unit di Bagian Kepaniteraan dan Bagian Kesekretariatan. Mahasiswa juga setiap harinya diberikan materi secara klasikal tentang kelembagaan Pengadilan Agama, Tupoksi Kepaniteraan dan Kesekretariatan, pola administrasi perkara, administrasi persidangan dan teknis yudisial oleh para narasumber dari Pimpinan, Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Muda, Jurusita dan Pelaksana dengan total 32 materi. Selain itu mahasiswa juga dibekali praktik simulasi sidang (moot court) dengan berbagai variasi perkara diantaranya perkara cerai gugat, cerai talak, itsbat nikah, dispensasi kawin dan gugatan hak asuh anak (hadhanah).

Dalam kesempatan tersebut, Eko Apriandi selaku mentor juga menyampaikan kesan dan pesannya selama mendampingi mahasiswa melaksanakan PKH i. Beliau menyampaikan selamat kepada para mahasiswa yang telah selesai melaksanakan PKH I dan berpesan agar ilmu dan pengalaman yang telah didapat di PA Kuala Pembuang dapat diamalkan dan menjadi bekal dalam meniti karir setelah lulus dari bangku kuliah.

pkh 5

Sementara itu dalam sambutannya, Sabarudin Ahmad mewakili Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan ilmu yang telah diberikan oleh seluruh Pimpinan, Hakim, Panitera dan Pegawai PA Kuala Pembuang kepada para mahasiswa selama mengikuti PKH I, sehingga dapat menjadi pengalaman dan bekal para mahasiswa dalam mengembangkan diri untuk terjun dalam masyarakat, khususnya dalam profesi hukum.

Pada kesempatan tersebut Achmad Faroby, S.H.I., M.H.I., selaku Ketua PA Kuala Pembuang mewakili seluruh keluarga besar PA Kuala Pembuang juga menyampaikan terimakasih kepada Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya yang sudah memberikan kepercayaan PA Kuala Pembuang sebagai tempat melaksanakan PKH I, serta memohon maaf apabila dalam membimbing dan memberikan pelayanan/fasilitas kepada para mahasiswa masih kurang representatif.

pkh 2

pkh 3

pkh 4

Acara diakhiri dengan penyerahan cindera mata dan sertifikat dari Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya kepada Ketua PA Kuala Pembuang dan para mentor, serta penyerahan sertifikat PKH I dari PA Kuala Pembuang kepada seluruh mahasiswa dilanjutkan foto bersama. (Redaksi/EAN)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media