header pta Baru

PA Kuala Pembuang Hadirkan Inovasi Layanan Khusus bagi Kaum Rentan

Written by PA Kuala Pembuang on . Posted in Kuala Pembuang

Written by PA Kuala Pembuang on . Hits: 301Posted in Kuala Pembuang

PA Kuala Pembuang Hadirkan Inovasi Layanan Khusus bagi Kaum Rentan

Kartu Prioritas Disabilitas

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id
Seruyan – Rabu, 09 November 2022. Pengadilan Agama Kuala Pembuang terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan publik, salah satunya dengan membuat inovasi untuk memberikan prioritas bagi kaum rentan pada pelayanan di PTSP. Inovasi tersebut dilaksanakan oleh CPNS Pengadilan Agama Kuala Pembuang, Berlian Anggrenita, A.Md. (Pengelola Perkara) dalam rangka memenuhi tugas akhir aktualisasi Latsar CPNS 2022 Mahkamah Agung RI dengan membuat inovasi khusus bagi kaum rentan berupa kartu prioritas, banner alur layanan prioritas serta pamfelt layanan prioritas.

Hadirnya inovasi kartu prioritas, banner alur pelayanan prioritas serta pamflet mengenai layanan prioritas tersebut dipersembahkan bagi para pencari keadilan yang termasuk dalam kategori kelompok rentan berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, yang terdiri dari disabilitas, wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak dan lansia. Inovasi tersebut juga sebagai wujud diterapkannya asas pelayanan publik yang meliputi kemudahan aksesibilitas serta fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan.

WhatsApp Image 2022 11 10 at 11.19.20

Gambar: Duta Layanan Prioritas Pengadilan Agama Kuala Pembuang

Untuk mendukung suksesnya inovasi tersebut, telah ditetapkan Duta Layanan Prioritas yaitu Hedo Rikiss Daemontidar (PPNPN/Security) yang secara langsung akan memberikan pendampingan dan layanan khusus bagi kaum rentan yang dating dan memerlukan layanan di PTSP dengan memberikan kartu prioritas. Dengan menunjukkan kartu prioritas tersebut, para pihak yang masuk kategori kaum rentan tidak perlu mengantri dan akan didahulukan dalam mendapatkan pelayanan di PTSP. Selain itu terdapat QR code pada kartu prioritas yang berisi form penilaian personal yang dapat diisi oleh para pihak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

IMG 20221110 WA0102

Gambar: Berlian Anggrenita, A.Md. (CPNS PA Kuala Pembuang)
saat menyampaikan sosialisasi inovasi khusus bagi kaum rentan (08/11/2022)

Inovasi khusus bagi kaum rentan tersebut telah disosialisasikan kepada petugas PTSP Pengadilan Agama Kuala Pembuang, agar para petugas PTSP dapat bekerjasama memberikan pelayanan yang terbaik dan prioritas kepada kaum rentan. Semoga dengan adanya inovasi tersebut dapat membantu dan mempermudah para pencari keadilan yang termasuk dalam kategori kelompok rentan tersebut dalam memperoleh pelayanan prima di Pengadilan Agama Kuala Pembuang. (Redaksi/BA)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media