header pta Baru

Pengadilan Agama Kuala Pembuang Launching PTSP Online 2.0 Ramah Disabilitas

Written by PA Kuala Pembuang on . Posted in Kuala Pembuang

Written by PA Kuala Pembuang on . Hits: 339Posted in Kuala Pembuang

Pengadilan Agama Kuala Pembuang Launching PTSP Online 2.0 Ramah Disabilitas

PTSP 2.0 news

Foto: Tampilan PTSP Online 2.0 Ramah Disabilitas Pengadilan Agama Kuala Pembuang (09/11/2022)

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id
Seruyan – Rabu, 09 November 2022. Menjawab tantangan pelayanan di era digital bagi pencari keadilan dan wilayah geografis wilayah hukum yang sulit dijangkau, Pengadilan Agama Kuala Pembuang meluncurkan aplikasi PTSP Online 2.0 Ramah Disabilitas yang dapat diakses pada laman https://ptsp.pa-kualapembuang.go.id/. aplikasi berbasis website ini adalah pengembangan dari aplikasi PTSP Online sebelumnya dengan penambahan fitur-fitur yang membantu pelayanan bagi masyarakat dengan kebutuhan khusus (disabilitas) dan memaksimalkan beberapa layanan.

Dalam sambutannya Ketua PA Kuala Pembuang, Achmad Faroby, S.H.I., M.H.I. menyampaikan bahwa dengan diluncurkannya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan diwilayah Kabupaten Seruyan dimanapun berada. Aplikasi PTSP Online 2.0 Ramah Disabilitas dikembangkan oleh pegawai PA Kuala Pembuang tanpa melibatkan pihak ketiga atau vendor dari luar Pengadilan, dibawah koordinasi Pranata Komputer PA Kuala Pembuang Rosita Sofiana, S.Kom. Tim PTSP Online berisi tim layanan yang terdiri dari Maziyah C Shiyam, S.H., Intan Surya J, A.Md., Hadi Nur Ikhwan, S.H. Ayu Uswatun H, A.Md.  & Hedo Rikiss Daemontidar mengembangkan vitur layanan yang relevan bagi pelayanan jarak jauh bagi masyarakat pencari keadilan di wilayah hukumnya. PTSP Online 2.0 Ramah Disabilitas ini juga merupakan final project dari CPNS Analis Perkara Peradilan (APP) PA Kuala Pembuang Bayu Akbar Wicaksono, S.H yang sedang mengikut Latihan Dasar CPNS tahun 2022.

Beberapa fitur andalan PTSP Online 2.0 Ramah Disabilitas antara lain layanan berbasis audio, PTSP Online ini di lengkapi penjelasan untuk setiap layanan dengan dalam bentuk audio termasuk persyaratan pengajuan perkara yang terdiri dari persyaratan Cerai Gugat, Cerai Talak, Dispensasi Kawin, Dll, sehingga masyarakat dapat lebih memahami informasi yang dibutuhkan. Selanjutnya adalah fitur Layanan Jarak jauh konsultasi jarak jauh dengan instrumen yang disesuaikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

PTSP 2.0 news 2

Foto: Pegawai PA Kuala Pembuang mengikuti sosialisasi PTSP Online 2.0 Ramah Disabilitas (09/11/2022)

Dalam masa uji cobanya PTSP Online 2.0 Ramah Disabilitas telah dinikmati oleh masyarakat pencari keadilan salah satunya memberikan kesan positifnya “Sangat merasa terima kasih dengan layanan di persidangan di PA Kuala Pembuang, yang prosesnya dapat dilakukan dari jarak jauh karena jika harus menuju Gedungnya sangat jauh dari Danau Sembuluh menuju Sampit dan kuala pembuang, Saya sangat berterimakasih” diketahui wilayah hukum PA Kuala Pembuang secara total mencakup wilayah seluas 16.404 km² dengan topografi berupa sungai-sungai besar dengan bentuk yang memanjang dengan lokasi gedung Pengadilan berada di Ujung Selatan sehingga dengan adanya PTSP Online 2.0 Ramah Disabilitas dapat menjawab kebutuhan segenap masyarakat pencari keadilan. (Redaksi/BW)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media