header pta Baru

Buah Manis Capaian Akreditasi Pengadilan Agama Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 775Posted in Pulang Pisau

Buah Manis Capaian Akreditasi Pengadilan Agama Pulang Pisau

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritabuah manis 2.png

Pengadilan Agama Pulang Pisau adalah satu dari tujuh satuan kerja baru di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya yang resmi berdiri pada tanggal 28 Oktober 2018. PA Pulang Pisau merupakan pemekaran wilayah Yurisdiksi dari PA Kuala Kapuas. Pada saat peresmian, PA Pulang Pisau dipimpin Oleh Wakil Ketua Sri Roslinda, S.Ag. M.H. Perjalanan PA Pulang Pisau selama 2019 berlangsung dengan sangat baik dan maksimal. Hal tersebut dapat diwujudkan karena seluruh Pejabat dan Staf PA Pulang Pisau sangat menjunjung tinggi integritas dalam bekerja serta mengutamakan 3S (Senyum, Salam, Sapa) dan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) dalam melakukan pelayanan.

Pada bulan Oktober 2019 PA Pulang Pisau melaksanakan proses Akreditasi Penjaminan Mutu untuk pertama kalinya. Seluruh bagian ikut berjuang dalam melaksanakan proses APM tersebut agar mendapatkan hasil terbaik. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. mengatakan bahwa, APM merupakan Komitmen Ditjen Badilag dalam rangka melanjutkan peningkatan kualitas peradilan agama terutama menyangkut pelayanan pengadilan agama kepada masyarakat pencari keadilan. Akreditasi Penjaminan Mutu yang dilaksanakan di PA Pulang Pisau berlangsung selama satu bulan pada bulan Oktober 2019 ini dipimpin oleh Bapak Erpan S.H., M.H., Selaku Wakil Ketua PA Pulang Pisau dan setelah itu dilakukan penilaian oleh “Tim  Assesor PTA Palangka Raya”. 

Sebelum Kedatangan Tim Assesor Eksternal, PA Pulang Pisau melakukan Audit oleh Tim Assesor Internal tentang kelengkapan dokumen dan evidence APM yang dipimpin oleh Bapak Mulyadi, Lc., M.H.I. Bapak Hakim yang akrab dipanggil “Pak Mul” menyatakan bahwa, penilaian dari Tim Audit Internal ini akan sangat berpengaruh dalam hasil pencapaian dan Audit internal juga bertujuan agar jika ada dokumen dan evidence yang belum lengkap agar dapat dilengkapi. Item yang dinilai dalam APM adalah Leadership, Customer Focus, Process Management, Strategic Planning, Resources Management, Document System dan Performance Result. Dari 7 aspek penilaian tersebut PA Pulang Pisau harus melengkapi semua dokumen dan evidence yang masuk dalam rincian kategori penilaian. 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritabuah manis 3.jpg

Pada saat proses perjuangan APM, seluruh bagian terlibat secara maksimal, bahkan proses APM tidak hanya pada hari dan jam kerja saja, pada hari Sabtu dan Minggu pun proses APM tetap berlanjut demi tercapainya hasil maksimal yang ingin diraih oleh PA Pulang Pisau. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PA Pulang Pisau bahwa untuk mendapatkan hasil maksimal demi satker kita ini harus melakukan upaya yang luar biasa agar bisa mendapatkan hasil terbaik dalam pencapaian APM 2019 ini. Seluruh bagian yang terlibat memiliki rincian tugas masing-masing yang telah dibuat oleh Anggota Tim Assesor Internal Azmi Fuadi, S.H. Pada saat proses APM setiap bagian akan melaksanakan tugas yang telah dibagi berdasarkan wilayah kerja masing-masing. Hal tersebut bertujuan agar dalam proses APM PA Pulang Pisau dapat bekerja secara maksimal, efektif dan efisien demi tercapainya hasil terbaik. Pada tanggal 19 November 2019, Tim Assesor Eksternal dari PTA Palangka Raya datang untuk melaksanakan penilaian pada APM yang telah dilaksanakan Oleh PA Pulang Pisau. Tim Asseor Eksternal dipimpin oleh Bapak Mukti Ali, S.Ag., M.H. dan didampingi oleh Mursidi, S.H., Dr. Ufie Ahdie, S.H., M.H., dan H. Abdul Ghoni Hamid S.H.I, M.H.I. Pada hari itu dilaksanakan proses Observasi dan Implementasi.

Tiba saatnya pengumuman hasil Akreditasi Penjaminan Mutu yang dilaksanakan di Bali pada hari Jum’at tanggal 31 Januari 2020. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tingkat Agama Banding dan Tingkat Pertama seluruh indonesia. Hingga tibalah saat penyerahan Sertifikat APM yang ditujukan kepada PA Pulang Pisau kelas II yang diserahkan langsung oleh Dirjen Badilag kepada Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau. Sertifikat APM yang diterima oleh Ketua PA Pulang Pisau dengan “Terakreditasi A (Excellent)”. Hasil yang didapatkan oleh PA Pulang Pisau adalah “Buah Manis Capaian Akreditasi Pengadilan Agama Pulang Pisau”. 

 

(Fandi)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media