header pta Baru

Komitmen Mewujudkan Aparatur Pengadilan Yang BerAKHLAK

Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya Berkomitmen Mewujudkan Aparatur Pengadilan Yang BerAKHLAK
Komitmen Mewujudkan Aparatur Pengadilan Yang BerAKHLAK

PTA Palangkaraya Siap Sukseskan Program Prioritas Ditjen Badilag

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan program prioritas Tahun 2023 1. Penguatan Integritas 2. Penguatan Kelembagaan 3. Penguatan SDM 4. Penguatan Pemanfaatan TI Ayoo dukung untuk menuju Peradilan Agama Modern Berkelas Dunia
PTA Palangkaraya Siap Sukseskan Program Prioritas Ditjen Badilag

Laporkan

Jika anda mengalami keluhan dan ada dugaan pungutan di luar ketentuan PENGADILAN slahkan adukan melalui nomor berikut 081212367307 Jangan khawatir kerahasiaan identitas anda kami jaga dan lindungi
Laporkan

DAYAK CANTIK

Situs Dayak Cantik (Data Aplikasi Aktual Dan Teknologi Informasi Kemitraan) adalah Inovasi layanan PTA Palangkaraya yang bertujuan memberikan informasi layanan-layanan Pengadilan yang ada di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya
DAYAK CANTIK

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e - Court Pendaftaran Perkara Online

Pengertian e-Court Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e - Court Pendaftaran Perkara Online
  • 1

MAKLUMAT PELAYANAN 2022.png

Kesan dan Pesan Wakil Ketua PA Sampit Untuk Para Mahasiswa PKH I Fakultas Syari’ah IAIN P. Raya

Posted in Sampit

Posted in Sampit

Kesan dan Pesan Wakil Ketua PA Sampit Untuk Para Mahasiswa PKH I Fakultas Syari’ah IAIN P.  Raya

C:UsersFUJITSUAppDataLocalMicrosoftWindowsINetCacheContent.WordIMG_20200214_150426.jpg

Sampit| www.pa-sampit.go.id 

Pada saat acara pelepasan Mahasiswa Praktik Kemahiran Hukum I Fakultas Syari’ah IAIN Palangka Raya di PA Sampit, Wakil Ketua PA Sampit Dr. Muhammad Kastalani, S.H.I., M.H.I. secara panjang lebar menyampaikan sambutannya sekaligus kesan dan pesan.

Wakil Ketua yang masih berusia muda tersebut menyampaikan beberapa hal, antara lain:

Alhamdulillah kami diamanahi untuk dititipi adik-adik mahasiswa ini, karena sepengetahuan kami tidak semua pengadilan diberi kepercayaan untuk menjadi tempat magang/observasi para mahasiswa tersebut, juga ucapan terima kasih atas kepercayaan tersebut. Terus terang dengan adanya adik-adik mahasiswa PA Sampit lebih ramai karena pegawai di PA Sampit tidak sampai 20 orang, dan pekerjaan di PA Sampit turut terbantu penyelesaiannya. Sekali lagi kami haturkan terima kasih atas nama keluarga besar PA Sampit.

Titip salam kami untuk Pak Rektor dan dosen-dosen lainnya, karena yang ada disana dimasa lalu merupakan guru tapi sekarang menjadi teman, demikian juga adik-adik sekalian boleh jadi sekarang , kalian menjadi murid, tapi suatu insyaa Allah kalian bisa bergabung di institusi mahkamah Agung khususnya Pengadilan Agama, jadi mudah-mudahan adik-adik dimasa depan akan menjadi teman, paling tidak mitra kami entah itu advokat, pegawai pengadilan  syukur-syukur bisa menjadi hakim. 

Dengan adanya adik-adik selama kurang lebih 1 bulan, tidak hanya kalian yang bisa belajar, tapi kami juga belajar, kami salut dengan pertanyaan dari adik-adik yang tidak terduga, yang tidak terduga itu menjadi pengetahuan bagi kita semua. contoh “kenapa meja sidang itu pengadilan itu hijau semua?”, jadi apa yang ada di benak dan kepala saya, Alhamdulillah dengan adanya pertanyaan itu merangsang otak kami seperti tersetrum untuk mencari jawabannya sehingga akhirnya jadi ilmu bagi kita semua.

Ada juga pertanyaan “Kenapa di pengadilan agama itu untuk pembuktian hukum zina berbeda dengan praktik?”, itu juga merangsang jawaban-jawaban yang boleh jadi tidak diketahui yang lain yang akhirnya menjadi ilmu. Ada juga pertanyaan “Kenapa hakim di PA Sampit laki-laki semua?”.

Terima kasih atas berbagi ilmunya, karena tidak ada  seseorang itu yang lebih pandai dari yang lain semua saling melengkapi. Terima kasih untuk bantuannya, juga sumbangsih ikut membuat berita juga membantu kerja bakti. 

Pesan saya untuk adik-adik sekalian, Insyaa Allah pesan ini akan berkontribusi bagi kalian untuk keberhasilan kalian dimasa depan, mudah-mudahan pesan ini tidak hanya didengar masuk telinga kanan keluar telinga kiri, tapi betul-betul diresapi dan diselami benar-benar dipraktekkan, sama seperti pepatah “al'ilmu bila 'amalin kassyajari bila tsamarin, artinya Ilmu tiada amalan bagaikan pohon tidak berbuah”. Contoh pohon durian, bila tidak berbuah maka tidak enak.

Sebaik-baik perkataan yang pertama adalah sebagaimana yang termuat dalam  Surah Al-‘Ashr ayat 1-3, yang mengandung makna sebagai berikut: pertama manfaatkan waktu, semakin kalian bermain-main dengan waktu semakin lama akan selesai kuliah, bahagiakan orang tua kalau bisa lulus dengan cepat, jangan sampai lebih 4 tahun. Lebih cepat lebih baik.

Kedua semua manusia itu rugi, kecuali yang orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Sebaik-baik perkataan selanjutnya, resapilah firman Allah dalam Surah Al-Maidah ayat 35, 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan”. 

Adik-adik semua sudah pasti kalian ingin sukses, dalam ayat itu disebutkan kunci kesuksesan yaitu Taqwa, karenanya jika ada panggilan sholat segera laksanakan jangan ditunda-tunda, kalau ada media-media untuk keberhasilan, ambil dan praktekkan, contoh ada tawaran pekerjaan ambil saja dulu, silaturrahim juga diperlukan.

Sudah pasti ditanya atau tidak, diakui atau tidak  dimasa depan pasti ingin mencari pekerjaan yang lebih layak, kehidupan yang lebih baik. Mudah-mudahan itu bisa diamalkan. (Tim Redaksi PA Sampit)

  • Prosedur Perkara
  • Prosedur Informasi
  • Prosedur Pengaduan
  • LANPION

Prosedur Perkara Tingkat Banding

 

Selengkapnya

Layanan Informasi

Selengkapnya

Prosedur Pengaduan

Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada dibawahnya.

Dijelaskan pada pasal 1 ayat 1  bahwa pengaduan adalah laporan yang mengandung informasi atau indikasi terjadinya pelanggaran terhadap :

Selengkapnya

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim Tinggi PTA Palangka Raya
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim Tinggi
PA Buntok terpilih sebagai Satker Berkinerja Terbaik Tahun 2023
PA Buntok terpilih sebagai Satker Berkinerja Terbaik Tahun 2023
Penyerahan penghargaan kepada Satuang Kerja Berkinerja Terbaik pada RAKORDA 29 Januari 2024
Ketua PTA Palangkaraya Kunjungi Pelayangn PTSP PA Sukamara
Ketua PTA Palangka Raya lakukan Pembinaan dan Pengawasan di PA Sampit
Ketua PTA Palangka Raya lakukan Pembinaan dan Pengawasan di PA Sampit
Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Gedung PA Kuala Pembuang
Monitoring dan Tinjau Persiapan Operasional Gedung PA Nanga Bulik
Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Gedung PA Sukamara
Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Gedung PA Pulang Pisau
Foto bersama Ketua dan Wakil Ketua PTA Palangkaraya dengan seluruh Ketua PA se Kalimantan Tengah
Foto bersama Pejabat yang baru dilantik dengan seluruh Hakim Tinggi PTA Palangkaraya
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua PTA Palangkaraya Drs. H. Ketut Madhuddin Djamal, S.H., M.H
Silaturahmi bersama Ketua Mahkamah Agung dan melaporkan progress Pembangunan Gedung diwilayah Kalteng
Selasa, 5 Desember 2023 | Koordinasi Pimpinan PTA Palangka Raya & PA se-Kalteng dengan Kepala Biro Keuangan
Koordinasi Pimpinan PTA Palangka Raya & PA se-Kalteng dengan Kepala Biro Keuangan
Silaturahmi bersama Ketua Mahkamah Agung dan melaporkan progress Pembangunan Gedung diwilayah Kalteng
Apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95
Giat Pembinaan dan Pengawasan di PA Tamiang Layang (28 Agustus sd 01 September 2023)
Giat Pembinaan dan Pengawasan di PA Nanga Bulik
Pembinaan dan Pengawasan di PA Palangkaraya
Konsolidasi data usulan RKBMN dengan Biro Perlengkapan Mahkamah Agung RI atas usulan seluruh satker diwilayah PTA Palangka Raya
YM Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, SH., MH., MM serahkan buku karyanya kepda Ketua PTA Palangkaraya
Ketua PTA Palangkaraya beri sambutan pada saat acara Pembinaan YM Ketua Kamar Agama MA RI
Penandatanganan MOU antara IAIN Palangkaraya dan PTA Palangkaraya
PTA Palangkaraya tanda tangani MOU bersama IAIN Palangkaraya
Tuaka Mahkamah Agung RI sebagai Narasumber Acara Dosen Tamu di Kampus IAIN Palangkaraya
Tuaka Mahkamah Agung RI sebagai Narasumber Acara Dosen Tamu di Kampus IAIN Palangkaraya

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media