www.pta-palangkaraya.go.id

Peringatan Hari Lahir  Pancasila digelar dengan upacara khidmat di seluruh Indonesia. Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah pun turut memperingati Hari Lahir Pancasila, Apel gabungan dalam peringatan Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 01 Juni yang diikuti oleh Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah (selaku tuan rumah), Pengadilan Agama Palangka Raya dan  Pengadilan Tata Usaha Negara   digelar di lapangan Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah Kota Palangka Raya , Jumat (01/06/2018).

Upacara dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah Drs. H. Syarif Usman, SH., MH . Peringatan Hari Lahir Pancasila di PTA Kalimantan Tengah diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya  yang dilakukan secara serempak oleh para peserta upacara. Sebelum dilanjutkan dengan pembacaan Text Pancasila dan UUD 1945.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila oleh para pegawai di lingkup Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama , berlangsung dengan lancar dan khidmat. Seluruh peserta upacara mengikuti seluruh rangkaian acara dengan khidmat.
Drs. H. Syarif Usman, SH., MH  yang bertindak sebagai inspektur upacara, dalam kesempatan itu membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo, dengan mengusung tema  Kita Bersatu, Kita Berbagi dan Kita berprestasi.

“para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.” Ujarnya saat membacakan text pidato Presiden.

Lebih Syarif mengajak  seluruh komponen bangsa khususnya pegawai di Lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kesehariaan, semangat bersatu, semangat berbagi dan semangat berprestasi dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.

Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita Bersatu, Kita Berbagi, Kita Berprestasi (SIM/redaksi PTA Kaliteng)