www. pta-palangkaraya.go.id.

Senin (9/4/18), Sekretaris PTA Kalimantan Tengah Mukti Ali, S.Ag., MH, di dampingi Kabag. Umum dan Keuangan Maulianor, S. Ag dan Sekretaris PA Kapuas H. Asni. S. Ag, melakukan kunjungan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas.

Kedatangan Sekretaris dan rombongan (pukul 11.00 WIB), disambut langsung oleh bupati Gunung Mas, Drs. Arton S. Dohong diruang kerjanya.

“Terima kasih Pak Bupati atas  sambutan hangat ini” ujar Sekretaris mengawali pembicaraan, sambil memperkenalkan satu persatu rombongan yang ikut  mendampingi termasuk dua orang cakim yang akan ditempatkan di PA Kuala Kurun.

Dijelaskan oleh Sekretaris maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah dalam rangka  tindak lanjut hibah tanah untuk Pengadilan Agama baru (PA Kuala Kurun), dan pinjam pakai gedung sementara operasional PA baru tersebut.

Sebagaimana dalam pertemuan sebelumnya oleh pimpinan PA Kapuas, Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas telah berkomitmen dan mendukung dengan menyediakan  gedung sementara operasional PA Kuala Kurun dan alokasi tanah untuk bangunan PA baru tersebut;

Tampak sekali perbincangan  hangat dan cair, dengan  penuh suasana keakraban, sesekali terdengan canda tawa, karena homorisnya sang Bupati.

Dialog dengan Bupati Gunung Mas

Ditengah berbincangan yang hangat tersebut orang nomor satu di Kabupaten Gunung Mas tersebut kembali menegaskan komitmennya untuk menyiapkan gedung sementara operasional PA Kuala Kurun dan  menyanggupi untuk penyediaan lahan tanah, menginstruksikan langsung  bawahannya, untuk segera melakukan pengukuran tanah tersebut.

“Untuk gedung sementara sudah saya siapkan ex rumah jabatan DPRD  yang terletak di Pasar ”ujar  orang nomor satu di kabupaten Gunung Mas ini.

“Untuk lahan tanah saya sediakan sekitar 4 hektar,  saya minta hari ini kepada  bagian pertanahan melakukan pengukuran tanah tersebut, dan saya mohon maaf  tidak ikut kelapangan”ujar Bupati yang bersahaja ini, sambil  menginstruksikan kepada jajarannya yang hadir dalam pertemuan tersebut, untuk langsung turun kelapangan;

Peninjauan lokasi tanah untuk PA Kuala Kurun

Setelah lebih kurang 1 jam bersilatururrahmi di ruang kerja Bupati, kemudian rombongan  turun langsung  ke lapangan melakukan pengukuran tanah  hibah untuk alokasi PA baru tersebut;

Ini Pak Lokasi tanah yang diperuntukan untuk PA Gunung MAS, tanah ini lebih 4 hektar Pak ”ujar salah seorang  pegawai  bagian pertanahan menunjukan lokasi tanah tersebut;

Selesai melakukan pengukuran, kemudian rombongan  melanjutkan peninjauan  ke gedung sementara PA Gunung Mas  yang terletak di pusat kota, memiliki panjang dan luas serta lokasi parkir yang cukup, dan gedung kantor ini komitmen pemda setempat dalam waktu dekat akan dilengkapi dengan ruang-ruang kerja, ketua, wakil ketua, panitera, sekretaris, ruang sidang, dan ruang pelayanan dan lain-lain.

Ba’da Ashar, rombongan kembali melanjutkan perjalan pulang ke PTA Kalteng., semoga lancar diperjalanan (edw/tim redaksi